Sabtu, 24 April 2010

Motor Jepang Ditiru Cina


(Foto: Prasetyo/okezone)

JAKARTA - Maraknya peredaran motor Cina yang meniru Jepang ternyata juga ditanggapi santai oleh Suzuki. Sejauh bukan merek yang ditiru, pabrikan ini menilai aksi peniruan yang dilakukan Cina tidak akan berpengaruh apa-apa.

Pernyataan ini diungkapkan 2w Marketing-Promotion and Dealer Development PT Indomobil Niaga International (IMNI) Edi Darmawan ketika berbincang dengan okezone.

IMNI sebagai pemegang merek motor Suzuki, katanya tidak mempersoalkan hadirnya motor-motor buatan Cina yang mirip Jepang. "Ga masalah," ujarnya singkat.

Karena menurut dia, semua berpulang pada selera pasar. "Konsumen yang nantinya akan menentukan, karena mereka tentu tau mana motor berkualitas dan yang tidak," tuturnya.

Selain itu, kata Edi, dari segi kualitas suku cadang, jaringan diler dan layanan purna jual, motor-motor produksi Cina masih kalah dibandingkan Jepang.

Namun dia mengakui, apabila desain benar-benar menjiplak Suzuki tanpa ada sedikit pun perbedaan, maka pihak legal mereka akan segera ambil tindakan. "Semua itu kan sudah ada lisensi tingkat dunia. apalagi kalau sampai merek yang mereka tiru," tegas pria berkacamata ini.
(uky)

0 komentar:

Posting Komentar